Selasa, 19 Maret 2013

Tuman

Oleh : Inggit Budyaning Mutya

Pagi yang cerah, seperti biasa Jono bergegas mandi setelah memberi makan kucing-kucingnya...  kini ia siap untuk berangkat di sekolah.

“Buuuu aku berangkat ya...!” sambil nge-gas motornya
‘iya nak... semangat ya! Hati-hati jangan ngebut ngebut!
Itu yang selalu di pesan oleh ibunya

Ngakunya sih, cowok yang satu ini nggak akan kalah ataupun di kalahin sama yang namanya jalanan, dia hobi banget ngebut-ngebut di jalan, menurutnya sih enak. Dia selalu cerita sama temen-temenya kalo jalan nggak ngebut itu nggak rame.

*disekolah*
“Hai brooo.... Pagi.....”
“Ehh hari ini ada tugas apa? Ada ulangan nggak? Atau mungkin quis?”

Setiap pagi semua temennya di cecer pertannyaan begitu, maklum saja jono ga pernah peduli sama PR atau pun tugas. dia lebih suka ngerjain itu di sekolah, karena di rumahnya dia selalu sibuk buat kumpul-kumpul sama temen trek-trekannya.

“Eh.. ntar kalian pada mo ikut ngetrek bareng gw ga?”
“ngapain? Mendingan belajar buat UN!”
“yah... Lu mah nggak gaul.... selow sih UN doang!!. Ngetrek itu sreu tauuu...”
“ati-ati aja jon, UN bentar lagi lho... Jangan ngetrek dulu deh mendingan!’’
“hmmm..... iye dahh” (meremehkan)

“Tenonennonennonenonetttttt”
Jam pulang sekolah pun berbunyi, seperti biasa jono dan teman di sekolahnya selalu kebut-kebutan kalau pulang kerumah. Tapi kali ini jono menyempatkan diri untuk singgah ke SPBU, sehingga ia tertinggal oleh rombongan.

“sial gw di tinggalin.. harus gw susulin nih!”
Dengan semangat yang megnggebu... ditancaplah gas sekuat-kuatnya, dan kini motornya melaju dengan sangat kencang. Ya kini ia sudah dapat melihat rombongannya di depan,
Tapi........

“gubrakkkkkkkk................”
“adawww,,,,, sakittttt”
Ia terjatuh dari motornya, temannya tidak ada yang tau, karena mereka sudah melaju lebih dulu. Jatuh di tikungan karena menabrak sebuah truk tronton, truknya sih nggak papa, tapi si jono bonyok parah..... lalu ia pulang kerumah dan bertemu ibunya.
“asalamualaikum... bu Jono pulang”
“waalaikum salam, Ya ampun nak.... koe ngopo?”
“Tibo bu”
“wes tak kandani, alon alon, ojo kesusu......” ibunya terus berceloteh

Jono hanya bisa terdiam, mendengar kata kata orang tuanya, dia termenung membayangkan kondisinya saat ini, ia takut tidak bisa mengikuti UN yang tinggal hitungan hari. Kini ia sadar betapa meruginya ia selama ini.. kini ia menjadi lebih berhati-hati dalam berkendara.

-          alon-alon asal kelakon    - 

***

0 komentar:

Posting Komentar